Sekolah Laskar Pelangi

Sekolah Laskar Pelangi Awal Mula dan Tempat Wisata Yang Ada di Sekitar

Sekolah Laskar Pelangi : pada umumnya, sekolah dasar (SD) memiliki fasilitas yang sudah memadai untuk di gunakan para siswa saat proses belajar mengajar. Dengan tujuan agar para siswa tersebut memiliki rasa nyaman saat belajar. Akan tetapi masih ada sekolah yang tidak memiliki fasilitas yang memadai untuk digunakan para siswa. Sekolah tersebut dinamakan dengan sebutan sekolah laskar pelangi atau sd muhamadiah gantong.

Sd Muhamadiah gantong termasuk dalam sekolah yang tidak memiliki fasilitas lengkap untuk digunakan siswa.

Misalnya, luas ruangan sekolah masih setara dengan gubuk yang ada di berbagai daerah. Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadi kendala untuk para murid yang menimba ilmu di sekolah itu. Dengan alasan bahwa suasana sekolah tersebut sangat nyaman di gunakan sebagai tempat belajar.

Awal Mula Munculnya Sekolah Laskar Pelangi

Awal mula munculnya Sekolah Dasar Laskar Pelangi ini berawal dari sebuah film yang merupakan karya dari seorang Andrea Hirata. Sebelumnya nama dari sekolah tersebut bernama SD Muhammadiyah yang sekarang di buat menjadi replika sekolah Laskar Pelangi. Sekolah Dasar Muhammadiyah Gantong sendiri, untuk sekarang ini memang sudah tidak ada lagi.

Replika dari sekolah tersebut dibangun dengan bahan yang berasal dari kayu. Kemudian di dalam ruangan terdapat meja, bangku, dan papan tulis seperti sekolah pada umumnya. Dilengkapi pula dengan foto pahlawan dari negara Indonesia yang ditempel pada dinding sekolah. Untuk bagian atap nya terbuat dari seng yang sudah berkarat. Ada pula bagian depan sekolah yang dipenuhi dengan pasir putih.

Dengan adanya pasir putih di sekitar bangunan sekolah, membuat orang yang berkunjung serasa berada di tepi pantai. Bagaimana tidak, pasir putih yang berada di sekitar sekolah memang sangat mirip dengan pasir yang ada di pantai. Oleh karena itu, membuat SD Laskar Pelangi dijadikan sebagai destinasi wisata untuk para turis maupun masyarakat sekitar.

Lokasi sekolah Laskar Pelangi ini berada di daerah Belitung Timur, tepatnya Desa Gantong. Lokasi yang dulunya tidak dikenal oleh masyarakat, namun sejak adanya sekolah Laskar Pelangi di belitung membuat daerah ini banyak dikunjungi. Kunjungan tersebut di dasarkan dengan berbagai alasan yang di miliki oleh pengunjung.

Tempat Wisata Apa Saja Yang Bisa Didapatkan Jika ke Belitung ?

Kabupaten Belitung Timur tepatnya di Desa Gantung, ada sebuah sekolah yang sangat populer dan pernah di jadikan sebagai lokasi shooting. Oleh karena itu, tempat ini di jadikan sebagai destinasi wisata oleh masyarakat sekitar. Akan tetapi ada juga tempat wisata lainnya di dekat sekolah ini . Anda penasaran ? Yuk simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

1. Wisata Kampoeng Fifi

Nama Kampung Fifi sebelumnya bernama Kampoeng Ahok. Perubahan nama dari tempat wisata ini resmi diubah sejak tanggal 21 Maret 2019 lalu. Pergantian nama tersebut disebabkan karena keinginan sendiri dari pemilik nama Basuki Ahok Purnama.

Alasannya karena Ahok sudah tidak mau lagi di panggil dengan nama Ahok namun ingin dipanggil dengan nama BTP. Jika Anda berkunjung di Kampung Fifi ini, pandangan pertama yang akan dilihat adalah rumah adat asli Belitung.

Rumah adat Belitung ini sekaligus juga di jadikan sebagai miniatur dari rumah tempat tinggal Ahok bersama dengan keluarga. Selain itu, kelestarian dari rumah adat tersebut juga masih terjaga seperti dinding rumah yang masih terbuat dari bahan dasar kayu.

2. Wisata Rumah Keong

Tidak ada yang menyangka bahwa lokasi bekas tambang dapat di sulap menjadi wahana wisata yang sangat indah. Tempat wisata ini dinamakan dengan Rumah Keong.

Lokasi dari Rumah Keong ini persis berada di depan Sekolah Dasar Laskar Pelangi. Selain itu, masyarakat sekitar memberikan sebutan lain untuk wisata yang satu ini yaitu Dermaga Kirana.

Dengan alasan karena Rumah Keong di bangun di atas dermaga dari bekas kolam tambang timah. Sesuai dengan namanya pula yaitu Rumah Keong, sehingga bentuk dari rumah ini berbentuk cangkang keong. Adapun bahan dasar yang digunakan untuk membangun cangkang keong terbuat dari rotan. Suasana di dalam bangunan sengaja dibiarkan kosong agar menyerupai bekas rumah keong.

3. Wisata Bendungan Pice

Wisata Bendungan Pice yang ada di Kota Gantung, Belitung Timur merupakan salah satu peninggalan dari Belanda. Tujuan awal dari pembangunan bendungan tersebut hanya untuk mengatur tinggi rendahnya permukaan air. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, Bendungan Pice dijadikan sebagai tempat wisata.

Dengan alasan karena bendungan tersebut memiliki daya tarik tersendiri. Suasana sejuk akan sangat dirasakan oleh para pengunjung jika berkunjung ke Bendungan Pice.

Selain itu, pemandangan yang indah pun membuat para wisatawan jatuh cinta dengan tempat wisata yang satu ini. Bagaimana tidak, bendungan tersebut memberikan pemandangan perbukitan hijau yang disertai dengan taman yang dirawat dengan baik.

Itulah beberapa mengenai Sekolah Dasar Laskar Pelangi yang berada di Provinsi Belitung Timur tepatnya di Desa Gantong. Sekolah tersebut saat ini sudah dijadikan sebagai tempat wisata oleh masyarakat sekitar. Selain itu, ada pula beberapa tempat wisata lain yang akan di dapatkan jika berkunjung ke sekolah tersebut seperti Rumah Keong dan lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
kota belitung

Tes

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Open chat