Mangrove Belitung

Menikmati Suasana Taman Mangrove Belitung di Gusong Bugis

Mangrove Belitung memang sedang digalakkan oleh pemerintah setempat, sebagai cara untuk membantu pelestarian lingkungan, sekaligus mengembangkannya menjadi atraksi wisata alternatif selain pantai.

Salah satu hutan mangrove Belitung yang kini mulai populer di kalangan para wisatawan adalah Belitung Mangrove Park Gusong Bugis, yang berlokasi di desa Juru Seberang, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung ini. Anda bisa menjangkaunya hanya dalam waktu 10 menit saja dari pusat kota Tanjung Pandan, karena hanya terletak kira-kira 15 km saja jauhnya.

Menawarkan suasana yang berbeda dan beberapa wahana serta fasilitas yang unik, Gusong Bugis ini sebelumnya merupakan lokasi tambang timah yang terbengkalai. Memiliki luas 757 hektare, dan 50-an hektare di dalamnya telah berhasil dikelola menjadi kawasan eko wisata yang diresmikan tahun 2018 yang lalu. Iya, kawasan ini termasuk salah satu destinasi wisata terbaru yang masih terus dikembangkan di Belitung.

Apa saja yang bisa Anda temukan dalam salah satu wisata mangrove Belitung yang dikelola secara swadaya oleh HKM Seberang Bersatu ini? Coba kita lihat satu per satu yuk.

Menikmati Suasana di Taman Mangrove Belitung Gusong Bugis

Restoran

Salah satu spot paling menarik di taman mangrove Belitung satu ini adalah restoran berbentuk kapal, yang berlokasi di salah satu area kolong bekas tambang.

Sebenarnya sih, restoran ini adalah rumah panggung biasa yang terdiri atas 3 lantai . Namun, desainnya yang unik menyerupai kapal, dengan nama KM Belitung, membuatnya tampak seperti bahtera yang terapung di atas air.

Hidangan yang disajikan dalam restoran ini cukup bervariasi dengan harga yang terjangkau, meski tetap didominasi oleh hidangan khas Belitung dan berbahan dasar hasil laut.

Anda juga diperbolehkan menjelajah di setiap lantai dalam bangunan restoran kapal ini. Di lantai dua, Anda dapat melihat berbagai koleksi penghargaan yang pernah diraih oleh HKM Seberang Bersatu.

Menara Pelangi

Menara Pelangi yang ada di salah satu sudut Taman Mangrove Belitung Gusong Bugis ini sebenarnya merupakan Menara pandang, yang sering digunakan untuk mengawasi aktivitas berbagai jenis burung mangrove yang hidup di kawasan hutan bakau tersebut.

Jika Anda tidak takut ketinggian, Anda bisa memanjat menara setinggi 12 meter ini, dan menikmati pemandangan kawasan mangrove Belitung yang luar biasa. Bahkan, Anda juga melihat pemandangan kota Tanjung Pandan dari puncak menara ini.

Rumah Pohon

Untuk menyusuri kawasan hutan bakau ini, ada jembatan kayu dengan panjang hampir 1 km yang akan mengantarkan Anda ke beberapa sudut dengan pemandangan indah. Salah satunya adalah rumah pohon.
Anda dapat bersantai sejenak di sini, sekaligus berfoto mengabadikan perjalanan Anda di mangrove Belitung yang asri. Rumah pohon ini tidak terlalu tinggi, sehingga sudah pasti aman bagi siapa pun untuk menaikinya.

Gazebo dan Sarang Burung

Selain rumah pohon, ada beberapa spot lain juga di Taman Mangrove Belitung Gusong Bugis yang bisa Anda jadikan sebagai spot foto ataupun selfie yang instagrammable. Beberapa di antaranya adalah gazebo dengan desain interiornya yang unik, dan juga sarang burung yang juga dilengkapi dengan telur. Jangan khawatir, telurnya bukan telur asli jadi tak mungkin akan pecah jika Anda ajak berfoto.

Sunset Boulevard

Taman Mangrove Belitung Gusong Bugis juga berlokasi di dekat pantai, sehingga juga bisa menjadi tempat untuk menikmati sunset indah khas Pulau Belitung yang terkenal itu.

Uniknya, kita tak hanya bisa menikmati pemandangan matahari terbenam dari bibir pantai seperti biasanya, tetapi bahkan di tengah laut. Trek jembatan kayu yang kita susuri sejak awal akan berakhir di sebuah dermaga berbentuk lingkaran, menjauh ke arah laut.

Dari sinilah, kita bisa duduk santai lesehan menunggu matahari terbenam. Sungguh romantis!

Selain beberapa hal yang bisa Anda jelajahi di kawasan Taman Mangrove Belitung di atas, masih ada tambak ikan dan museum mini yang juga harus masuk dalam daftar kunjung Anda.

Bagaimana? Cukup lengkap kan? Jangan lupa untuk tetap menerapkan social distancing di sini ya. Juga pakailah masker Anda di sepanjang perjalanan, serta tak lupa untuk selalu membawa hand sanitizer dalam tas Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
kota belitung

Tes

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Open chat