Makanan Khas Belitung yang Wajib untuk wisata Kuliner

Home » Blog » Makanan Khas Belitung yang Wajib untuk wisata Kuliner

Selain menikmati keindahan alam yang ditawarkan Belitung, dengan mencicipi makanan khas Belitung juga merupakan salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan. Beragamnya kuliner Belitung yang khas tidak lepas dari kekayaan sumber daya laut yang dimiliki Pulau Belitung. Bahan baku yang banyak digunakan dalam pembuatan olahan makanan Belitung juga cukup banyak bervariasi, mulai dari ikan, udang, hingga rempah-rempah.

Tidak hanya makanan laut, Belitung juga memiliki beberapa jenis kue khas yang terkenal. Kue-kue ini dibuat dengan bahan-bahan yang segar dan diolah dengan teknik khusus untuk menghasilkan rasa unik dan lezat.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas tentang makanan khas Belitung yang wajib dicoba saat berkunjung ke pulau ini. Kami akan mengulas tentang makanan tradisional khas Belitung yang wajib dicoba saat berkunjung ke Belitung. Dari segi bahan baku hingga cara pengolahan makanannya, kami akan memberikan gambaran yang dapat menjadi referensi bagi anda para pembaca.

5 Makanan Khas Belitung Yang Paling Recomended dan wajib Dicoba

1. Soto Belitung

Soto Belitung

Makanan khas dan paling terkenal di Belitung adalah Soto Belitung. Makanan ini terdiri dari daging sapi yang dipotong-potong kecil dan diolah dengan bumbu yang khas, seperti bawang merah, bawang putih, kecap ikan, dan garam. Soto ini disajikan dengan lontong dan bihun kentang sebagai bahan dasarnya, dan juga diperkaya dengan daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

Kuliner pulau Belitung satu ini juga biasanya disajikan dengan telur, kentang, dan tauge sebagai pelengkap. Kuah soto memiliki Rasa khas dan unik dilidah, Makanan Khas Belitung ini sangat cocok dihidangkan saat cuaca dingin atau sebagai makanan pagi hari.

Makanan ini dapat ditemukan di berbagai tempat di Belitung, mulai dari warung-warung kecil hingga rumah makan Belitung. Anda dapat mencicipi kuliner Soto khas Belitung yang asli di warung-warung tradisional yang tersebar di Belitung. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, sehingga dapat dinikmati oleh semua kalangan.

2. Berego

Berego

Makanan khas Belitung Berego memiliki sejarah yang cukup panjang. Kuliner Tradisional tersebut pertama kali dibuat oleh masyarakat setempat sebagai makanan sampingan yang mudah dibuat dan tahan lama. Masyarakat Belitung menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dari sekitar pulau Belitung seperti sagu, ikan, dan tepung.

Olahan Makanan khas dari Pulau Belitung ini terbuat dari bahan dasar tepung Terigu. Tepung yang digunakan adalah tepung beras atau tepung jagung yang dicampur dengan ikan atau daging yang dihaluskan. memiliki rasa yang khas gurih dan renyah.

3. Lakse

Lakse

Kuliner khas Daerah Belitung satu ini merupakan makanan gabungan dari budaya Melayu dan Tionghoa. Seperti makanan khas Belitung pada umumnya, rempah-rempah digunakan dalam banyak jumlah untuk memberikan cita rasa yang enak pada makanan khas ini.

Keunikan dari olahan makanan Belitung ini adalah tampilannya yang mirip dengan sanggul dan teksturnya yang sangat kenyal. Selain itu, kuahnya seperti kuah kari. Menjadi ciri khas dari makanan ini. Kuah tersebut terdiri dari campuran santan, rempah-rempah seperti lada kering, ketumbar, jintan putih, bawang merah / putih, jahe, kunyit, dan cabai giling serta ditambah dengan udang atau ikan tongkol yang dihaluskan.

Dengan rasa enak, gurih dan pedas menjadi ciri khas dari makanan tradisional ini. Oleh karena itu, Makanan Lakse sangat cocok sebagai menu sarapan pagi atau menu andalan saat musim dingin atau musim hujan.

4. Mie Belitung

Mie Belitung

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke pulau Belitung Tanpa mencicipi Kuniner khas satu ini yaitu mie Belitung.
Mie Belitung merupakan salah satu kuliner andalan khas daerah Belitung. Makanan ini terdiri dari mie kuning yang disajikan dengan kuah udang yang kental dan menggugah selera.

Kuah tersebut terbuat dari kaldu udang yang campur dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, merica, dan jahe. Selain itu, mie Belitung juga disajikan dengan potongan kentang rebus, udang, irisan timun, serta taburan emping di atasnya. Rasanya yang khas dan enak membuat mie ini menjadi salah satu kuliner makanan andalan di daerah Belitung.

5. Ketam Isi

Ketam Isi

Sebagai daerah kepulauan yang di kelilingi laut tentu Belitung kaya akan hasil lautnya ketam isi merupakan oleh-oleh makanan khas Belitung yang patut dicoba. Ketam isi ini diolah dengan cara dikukus atau digoreng dan diolah dengan bumbu rempah-rempah yang khas. Rasa yang gurih dan lezat dari ketam, makanan ini akan membuat anda ingin mencobanya lagi.

Makanan khas tersebut menggunakan bahan dasar dari daging kepitung asli, yang biasanya diambil dari perairan sekitar Belitung.

Baca : Oleh-oleh Khas Belitung

Makanan Khas Belitung satu ini hanya tersedia di Belitung, sehingga bahan yang digunakan pasti asli dari perairan Belitung dan masih segar. Sebelum diolah, daging ketam dipisahkan dari cangkangnya. Kemudian daging ketam dicampur dengan bumbu seperti garam, lada, bawang, dan telur. Campuran tersebut kemudian dimasukkan kembali ke dalam cangkang ketam dan digoreng. Biasanya ketam isi digoreng sampai matang sebelum disajikan, namun jika dijadikan oleh-oleh khas Pulau Belitung, ketam isi hanya cukup digoreng setengah matang dan dapat digoreng lagi di rumah.

Belitung juga memiliki kuliner laut lain dan patut dicoba seperti udang bakar yang disajikan dengan sambal yang pedas dan kerupuk sebagai pelengkap. Oleh karena itu, Belitung menjadi tujuan kuliner yang tepat bagi anda yang ingin mencicipi makanan yang unik dan khas. Jangan lupa untuk mencoba makanan-makanan khas Belitung ketika anda berkesempatan untuk mengunjungi Belitung. Selain rasa yang lezat, makanan-makanan Belitung juga merupakan representasi dari budaya dan kearifan lokal yang unik dan menarik.