danau kaolin

Danau Kaolin Belitung Keindahan Buat Pengen Liburan

Danau Kaolin Belitung, Akhir – akhir ini banyak orang – orang yang gemar mengeksplor wisata di Indonesia. Karena dikejutkan dengan indahnya foto, atau sebuah objek wisata yang unik. Foto tersebut memperlihatkan danau yang memiliki warna yang tidak biasa yakni berwarna biru awan. Dan ternyata foto tersebut adalah sebuah danau di belitung yang menjadi bekas pertambangan kaolin.

Danau yang terletak di desa air raya kecamatan perawas kabupaten Belitung tersebut memiliki air yang berwarna  biru.

Danau kaolin belitung adalah bekas penambangan, kaolin adalah sebuah material bahan tambang. Bekas dari galian tambangmenyerupai danau yang cukup besar dengan dikelilingi perbukitan pasir.

Untuk sampai ke lokasi danau kaolin, anda akan menempuh perjalanan darat. Mulai dari kota Tanjung Pandan dengan kendaraan motor atau mobil sekitar kurang lebih setengah jam sampai dari kota Tanjung Pandan Belitung. Kemudian menempuh jalan aspal. Kurang lebih menempuh sekitar 10 menit untuk tiba di spot kaolin.

Hal yang dapat anda lihat di sini yaitu keunikan danau besar dengan air berwarna biru. Yang telah diapit oleh timbunan tanah putih atau bukit pasir. Kedalaman dari danau bekas tambang kaolin ini tidak diketahui secara pasti. Namun beberapa masyarakat menyebut kedalaman danau ini sekitar 30 meter atau lebih.

Keindahan Danau Kaolin Yang Perlu Anda Tahu

Kaolin hingga kini telah menjadi satu destinasi populer di Belitung, Dengan menghadirkan pesona pemandangan danau yang air nya biru dengan daratan berwarna putih yang menawan.

Panorama yang berasal dari kaolin ini mengingatkan kita pada destinasi kawah Ciwidey di Bandung. Atau kawah putih tinggi raja di Medan, Sumatera Utara.

Yang membedakan danau dengan kawah Ciwidey dan kawah putih tinggi raja adalah danau kaolin belitung ini tidak memiliki bau belerang yang menyengat. Danau kaolin ini tidak mengandung belerang, danau ini adalah bekas dari penggalian kaolin. Sejenis mineral tanah liat yang mengandung aluminium silikat.

Mineral kaolin yang terdapat di dalam danau adalah satu bahan untuk membuat porselen, kain, kertas, pasta gigi hingga kosmetik.  Diakibatkan pengerukan mineral kaolin yang ugal – ugalan lalu dibiarkan begitu saja. Pada akhirnya bekas dari pengerukan mineral kaolin ini dengan sendirinya berisi air dan membentuk seperti danau buatan.

Namun saat ini danau yang terletak di desa air raya tanjung pandan itu menjadi danau yang menarik untuk wisatawan yang berkunjung Ke Belitung.

Sejauh mata memandang yang unik di danau kaolin belitung. Anda juga akan menemukan bekas – bekas penambangan dari bentuk batuan yang bentuknya memang tidak teratur.

Danau dengan air yang biru dan daratan yang putih akan menjadi pemandangan yang memanjakan mata setiap pengunjungnya.

Di danau biru ini juga banyak spot foto yang bagus dan cantik.  Tidak hanya disitu saja, anda bisa menkmati pemandangan di danau kalin ini. Karena memang air mengandung kaolin yang berwarna Biru Membuat Pemandangan Menjadi indah untuk spot foto, Apalagi di saat pagi hari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
kota belitung

Tes

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Open chat